ALAT BANTU AUDIOVISUAL PENDIDIKAN ORANG DEWASA
A. Alat bantu audiovisual : Alat untuk yg digunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam memberikan pengetahuan, sikap dan ide. Posisi alat bantu audiovisual dalam pengajaran adalah sebagai alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran atau konsep yang sulit dimengerti tanpa ilustrasi visual.
B . Menurut Morgan, et. al, Alat bantu audiovisual yang dipakai antara lain, yaitu :
- Papan tulis
- Chart, grafik, diagram dan peta
- Drama, wayang kulit
- Pameran
- Papan panel dan papan tempel
- Gambar, foto ( contoh objek dan model)
- Televisi, radio, video tape
- Tape recorder
- Poster, kartun, dan kliping
- Film, slide, filmstrip
Dalam pengajaran pada pendidikan orang dewasa, keefektifan pengajaran tergantung pada situasi belajar dan konsep-konsep pengajaran yang ingin disampaikan. Pengajaran yang ideal tidak hanya dilakukan dengan ucapan atau ceramah saja. Tetapi dengan mengkombinasikan audiovisual dengan ceramah, dan disesuaikan dengan keinginan dari individu atau kelompok belajar tersebut.
C. Manfaat alat bantu audiovisual sangat besar, terkhususnya ketika pemilihan jenis audiovisual yang dilakukan sangat tepat. Manfaatnya antara lain
- Membantu memberikan konsep pertama atau kesan yang benar.
- Mendorong minat
- Meningkatkan pengertian yang lebih baik.
- Melengkapi sumber belajar yang lain.
- Menambahkan variasi metode mengajar.
- Menghemat waktu.
- Meningkatkan keingintahuan intelektual.
- Cenderung mengurangi ucapan dan pengulangan kata yang tidak perlu.
- Membuat ingatan terhadap pelajaran lebih lama.
- Dapat memberikan konsep baru dari sesuatu di luar pengalaman yang biasa.
D. Untuk mengurangi kesalahan persepsi terhadap alat bantu audiovisual, berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan yaitu alat bantu audiovisual adalah ...
- Bukan suatu bentuk pendidikan tersendiri.
- Bukan hanya gambar hidup saja.
- Tujuan alat bantu audiovidual, sejauh dikaitkan dengan pendidikan, bukan untuk hiburan.
- Bukan sesuatu yang baru.
- Bukan sesuatu obat mujarab untuk seluruh hambatan dalam pengajaran.
E. Terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatiakan dalam penentuan penggunaan alat bantu audiovisual dalam pengajaran pendidikan orang dewasa, antara lain :
- Alat bantu apa yang sesuai dengan tugas yang akan diselesaikan.
- Alat bantu apa yang diketahui penggunaanya dengan baik oleh pengguna alat bantu tersebut.
- Alat bantu apa yang paling siap untuk dipergunakan.
- Alat bantu mana yang paling efektif memakan waktu dan yang paling sedikit menyebabkan kebingungan.
- Alat bantu mana yang paling murah costnya dan penggunaanya.
- Alat bantu yang memberikan perimbangan dan variasi yang paling baik.
- Alat bantu yang paling sesuai dengan minat dan pengertian pelajar.
- alat bantu yang efektif dalam menyajikan materi dengan akurat.
- Apakah terdapat petunjuk untuk menggunakan alat bantu.
- Tersediakan tempat dan fasilitas yang cocok untuk menggunakan alat bantu tersebut.
- Film, Slide dan Filmstrip yaitu alat bantu yang memiliki kesamaan dalam hal menggunakan transparansi (film) yang diproyeksikan pada sebuah layar agar dapat dilihat. (Morgan, et, al,1976)
- Tape recorder yaitu alat yang sangat efektif dalam pengajaran orang dewasa. Pengembangan dalam penggunaannya juga sangat pesat karena hal ini didukung pula oleh cost yang sangat minim.
- Televisi dalam pendidikan digunakan sebagai alat untuk penyuluhan. Dalam penggunaanya televisi pendidikan didesain tidak untuk stasiun penyiaran massal.
- Video tape digunakan oleh dokter untuk teknisi dalam menyempurnakan pekerjaan mereka, digunakan untuk melatih penyuluh yang dimasukkan dalam pelatihan kerja atau penyegaran, untuk mengevaluasi gaya, kekuatan dan kelemahan individu ketika kita melakukan pengamatan.
Daftar pustaka :
Suprijanto. 2007. Pendidikan Orang Dewasa; Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
0 comments:
Post a Comment